Kamis, 05 November 2015

Selayang Pandang TPQ As-Syafa'at

PERJALANAN TPQ ” AS - SYAFA’AT ” METODE AN-NAHDLIYAH 

A. PENDAHULUAN
   Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat di seluruh pelosok dunia termasuk di Indonesia. Dan kemungkinan perkembangan itu terus berlanjut seiring dengan perkembangan manusia itu sendiri. Situasi dan kondisi semacam itu akan membawa perubahan fisik maupun pola pikir manusia yang selain berdampak positif juga berdampak negatif. Kenyataan yang terjadi bahwa segala daya dan upaya untuk mencapai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kebanyakan hanya untuk mencukupi kebutuhan materi kehidupannya, sementara mereka lupa terhadap pembinaan kepribadian, akibat lebih lanjut adalah timbul kegoncangan dan kegelisahan rohani serta munculnya moralitas baru tanpa mengenal batas etika dan syariat.
   Sehubungan dengan hal tersebut diatas. Pada Tanggal 6 Pebruari 2002 didirikan TPQ Methode AN NAHDLIYAH - AS-SYAFA’AT di Masjid AS-SYAFA’AT Tambakwatu – Karangboyo – Cepu.

B. KEBERADAAN TPQ AS-SYAFA’AT
    Salah satu cara untuk menanamkan keimanan keislaman dan ketagwaan sejak dini adalah memberikan pelajaran AL Qur’an sejak anak masih usia kecil. Karena penanaman kecintaan terhadap Al Qur’an dan sekaligus juga kemampuan membacanya dengan baik dan benar adalah merupakan kebutuhan yang sangat mendesak, maka dengan ini TPQ AS-SYAFA’AT didirikan dengan segala keterbatasan dan kekurangan didalamnya dengan Visi ,Misi serta Tujuan dari pendiriannya.

C. VISI, MISI dan Tujuan TPQ AS-SYAFA’AT
VISI : Terbentuknya generasi Qur’ani
MISI :
1. Mangajarkan bacaan dan isi kandungan Al Qur’an
2. Menanamkan nilai – nilai ajaran Al Qur’an
3. Membekali santri untuk lebih memperdalam ajaran Islam pada jenjang selanjutnya.
TUJUAN : Secara singkat tujuan utama pendirian dan pengembangan TPQ adalah memberantas buta huruf Al Qur’an, dan mempersiapkan anak mampu membaca Al Qur’an dengan baik dan benar , memupuk rasa cinta terhadap Al Qur’an yang akhirnya menjadikan anak berahklaqul kharimah sebagaimana di cita-citakan sebelumnya.

D. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
     Kegiatan belajar mengajar di TPQ AS-SYAFA’AT di selenggarakan setiap hari, kecuali hari Jum’at Libur bertempat di serambi Masjis AS-SYAFA’AT dengan rincian kegiatan belajar mengajar di mulai pukul 16.00 – 17.00 WIB, yang sebelumnya diadakan sholat Ashar berjama’ah.
    Adapun rincian pembagian alokasi waktu untuk setiap pertemuan adalah sebagai berikut : 
1.) Untuk Tutorial 1 : 10 Menit 
2.) Untuk Privat individual dan mapel tambahan : 40 Menit 
3.) Untuk Tutorial : 10 Menit 
    Adapun Mapel Tambahan yang diberikan berupa Tajwid, Tarikh, aqidah, Fiqh Tauhid serta hafalan surat pendek (Juz Amma’ ) dan Hafalan do’a sehari-hari dengan harapan tercipta generasi yang Qur’ani dan berahklak mulia. 

E. PERMASALAHAN DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA 
    Permasalahan yang sering muncul didalam TPQ AS-SYAFA’AT adalah Pendanaan dan penyediaan sarana dan prasarana hal ini disebabkan karena selama ini pengurus tidak memungut uang dari anak didik alias digratiskan.
    Adapun kedepannya pengurus berencana untuk pengadaan iuran sukarela bulanan untuk peserta didik TPQ dan mencari para dermawan untuk berkenan membantu menjadi donator, dengan harapan sedikit demi sedikit TPQ berbenah, termasuk didalamnya memberi uang lelah / bisyaroh pada Ustadz/dzahnya tiap bulannya.

F. MOTTO 
    ” Siapa yang di kehendaki Allah, pasti akan di beri kepahaman agama Allah SWT ” 

G. KHOTIMAH 
    Kita selalu berdo’a kepada Allah SWT, semoga dengan adanya iuran sukarela setiap bulan dan donator tetap TPQ, keberadaan TPQ AS-SYAFA’AT bisa istiqomah dan mendapat ridho dari Alloh Subhanahu wa Ta’ala. AAAmiiin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar